Jumat, 26 Januari 2018

Salut, Begini Peran Pramuka di Tengah Bencana Nasional dan Dunia



Liputan6.com, Jakarta - Dalam sebulan terakhir, sejumlah daerah di Indonesia dilanda bencana alam. Sebut saja, erupsi Gunung Agung di Bali atau banjir yang melanda Jawa Timur. Kondisi itu membuat Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana (Abdimasgana) mengeluarkan sejumlah arahan.
Tujuannya, agar seluruh Pramuka di daerah terdampak turut berperan menanggulangi korban. Pertama, Pramuka diarahkan untuk menghadiri lokasi-lokasi bencana dan membantu masyarakat yang membutuhkan.
Arahan selanjutnya, Pramuka yang hadir di tengah bencana tidak boleh sembarang membantu. Mereka diharuskan berkoordinasi dengan aparat, tokoh setempat, dan organisasi kemanusiaan lainnya.
Wakil Ketua Abdimasgana, Mayjen M Herindra, mengatakan, Pramuka agar selalu menjaga kesehatan diri, keselamatan kawan, dan kehormatan gerakan Pramuka. Selain itu, Pramuka juga harus punya inisiatif dan siap menolong dalam kondisi apa pun.
"Pramuka harus bekerja dengan tuntas sehingga manfaat gerakan Pramuka dirasakan masyarakat," kata Herindra usai Rapat Koordinasi Gerakan Pramuka Bidang Abdimasgana di gedung Kwarnas, Senin, 4 Desember 2017.



Related Posts

Salut, Begini Peran Pramuka di Tengah Bencana Nasional dan Dunia
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.