Jumat, 26 Januari 2018

Aksi Heroik Gerakan Pramuka di Tengah Erupsi Gunung Agung

Liputan6.com, Jakarta - Peran Pramuka di tengah masyarakat tentunya tidak bisa dipandang sebelah mata. Gerakan ini kerap hadir di setiap wilayah Indonesia dengan semangat saling membantu.
Seperti yang dilakukan 20 anggota Pramuka yang bekerja sebagai relawan untuk membantu penangaan erupsi Gunung Agung di Bali. Mereka terbagi dalam beberapa pos tugas antara lain, dapur umum, penyaluran logistik, serta petugas call center. Selain itu, ada pula yang terlibat dalam tugas evakuasi di bawah pengawasan Basarnas.
Para anggota yang tergabung dalam Pramuka Peduli Bali itu pun memiliki satu ruangan khusus di Posko Tanah Ampo, Karangasem, Bali.
Semangat voluntarism mereka sangat kuat, ini tercermin pada keputusan mereka untuk bertugas dan berbagi pemikiran dan tenaga dalam penanganan darurat," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho.



Sutopo menambahkan, kontribusi anggota Pramuka itu sangat membantu operasional di dalam posko. Para relawan Pramuka yang terdiri dari beragam tingkatan itu juga mempersiapkan kebutuhan mereka dengan mandiri. Bahkan, mereka mengelola dapur umum internal Pramuka.
"Voluntarism yang tumbuh dilatarbelakangi nilai-nilai yang melekat pada setiap individu. Mereka yang tergabung dalam pramuka akan memiliki banyak teman dari beragam komunitas," sebut Sutopo.


SUMBER : http://citizen6.liputan6.com/read/3185887/aksi-heroik-gerakan-pramuka-di-tengah-erupsi-gunung-agung

 


Related Posts

Aksi Heroik Gerakan Pramuka di Tengah Erupsi Gunung Agung
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.